Pages

Sabtu, 02 Februari 2013

potoshop animasi

The Movie Effect Background


Publish: 26 Januari 2013 | Author & Copyright: Arofat | Status: FREE Photo Editing

Belajar Photoshop memang sangat menyenangkan, karena dengan photoshop, kita bisa mengubah photo yang biasa menjadi luar biasa, tentunya dengan teknik-teknik yang untuk mendapatkannya anda harus sering mencoba dan belajar. Nah ditutorial ini kita akan belajar bagaimana cara membuat sebuah background (The Movie Effect Background) dan judul sebuah film buatan saya sendiri :D inilah Rahasia teknik yang sering dipakai untuk membuat Poster Movie dan Film Bioskop, dan disini kita akan menggabungkan beberapa gambar di Photoshop, lalu kemudian kita olah tone warna dan blending modenya. Langsung saja ikuti tutorialnya berikut ini :
1. Download dulu bahan untuk Tutorial ini [Klik Disini untuk Download File Latihan]. Buka photoshop anda, lalu buka background  seperti berikut:
background

2. Kemudian lakukan duplicate pada background tersebut dengan cara pilih background (di palette layer) kemudian tekan tombol Ctrl+J (duplicate) hingga background tercopy seperti ini:
duplicat layer

3. Pilih background copy, kemudian tekan tombol create new fill and adjustmen layer (penjelasan tentang ini sudah saya jelaskan di tutorial pembuatan naga api). Setelah itu pilih color balance:


4. Kemudian masukan nilai pada Shadow, midtone dan highlight seperti pada gambar berikut. Ket: untuk pengaturan ini, tiap gambar berbeda-beda nilainya, jadi yang dibutuhkan adalah anda bisa mencoba-coba ketiga pengaturan tersebut untuk mendapatkan tone warna yang diinginkan.




5. Selanjutnya buka file awan (Ctrl+0), kemudian drag gambar awan tersebut ke gambar background diawal. Lihat ilustrasi berikut ini:


6. Lakukan pelebaran dengan menggunakan Move Tool hingga terlihat seperti berikut ini:


7. Selanjutnya kita akan menghapus bagian awan yang tidak kita perlukan dengan menggunakan teknik masking, caranya: pilih icon Add layer mask  (di palette layer). Lihat gambar berikut:


8. Kemudian kita akan menghapus bagian atas awan dengan menggunakan Brush tool.

Agar anda tidak bingung, gambar diatas sudah saya beri nomor, berikut keterangannya:
  1. Pastikan warna Fourground adalah warna hitam
  2. Kemudian pilih dropdown (panah kebawah)
  3. Pilih brush yang mode soft atau blur, dan atur master diameternya menjadi 400 px
  4. Lalu atur nilai opacity menjadi 40% (agar tidak terlihat kasar)
  5. Lakukan penghapusan dari arah kanan ke kiri atau sebaliknya. Hingga dilayar terlihat bagian atas tertutupi warna hitam sedangkan yang ditangah adalah warna grey/abu-abu. Semakin sering anda menggosokan brush ke layar maka semakin hitam.yang itu artinya semakin hilang gambarnya. Pelajari lagi teknik masking yang ada pada tutorial dasar.
9. Berikutnya, kita buka gambar texture, lalu lakukan klik dan drag ke lembar kerja kita.

Selanjutnya atur ukurannya (resizing) hingga pas dengan lembar kerja kita. Setelah itu ubah blending modenya menjadi Color Burn seperti berikut:

Agar tidak terlalu gelap, kurangi opacitynya mislanya menjadi 43%:


10. Berikutnya kita akan menghapus area-area texture yang tidak kita inginkan dengan cara masking seperti cara diatas. Pilih Add layer mask:

Kemudian pilih Brush dengan warna hitam, kemudian lakukan penghapusan sesuai dengan area yang ditandai dengan anak panah berikut ini:


11. Oke selanjutnya kita akan buat gradasi warna pada gambar kita, caranya buat layer baru dengan menekan tombol New layer (dipalette layer):


12. Lalu kita pilih Gradient Tool, kemudian klik warna pada option untuk mengedit warna yang kita inginkan:
Gradient Tool

13. Kemudian kita lakukan penggantian warna pada color handle sebelah kiri, caranya lakukan double klik lalu masukan nilai warna ff6e02 seperti berikut:


Lakukan hal yang sama pada color handle bagian kanan:


Kemudian kita tambahkan warna lagi dibagian tengah, caranya lakukan double klik pada bagian tengah seperti gambar dibawah, lalu masukan nilai warna ffff00.


Hingga didapat campuran warna seperti berikut ini:


14. Oke, sekarang kita lakukan klik dan drag pada lembar kerja kita, seperti berikut:


15. Sekarang kita berekplorasi disini dengan cara mengubah blending mode serta anda juga bisa mencoba-coba untuk mengganti percampuran warna gradasi sesuai dengan keinginan. Tapi sebelumnya ikuti dulu sampai selesai oke. J nah,  disini kita coba ganti blending modenya menjadi color:

Atau mungkin juga anda bisa menggantinya menjadi Overlay jika menginginkan warna lebih berpendar.


Oke kita coba menggunakan blending mode Color dengan opacity 71%:


16. Langkah selanjutnya, kita akan memberikan shadow/area yang gelap pada beberapa titik tertentu, caranya buat layer baru. Kemudian dengan brush tool berikan warna hitam pada titik-titik berikut. Lihat gambar dipalette layer:


Setelah itu, ubah blending modenya menjadi softllight

nah background kita sudah jadi seperti berikut:
The Movie Effect Background

The Movie Effect Background

Di Tutorial Selanjutnya akan saya lanjutkan ke penambahan Text Effect "The Movie" ke dalam hasil The Movie Effect Background yang barusan anda buat tadi. Tunggu saja ya di situs website Pembelajaran Desain Grafis di mana lagi kalau bukan di ILMUGRAFIS.COM :), Terima kasih.

Agar lebih bermanfaat, silahkan pertanyaan dan saran bisa langsung email dan di facebook saya secara langsung yang bisa dilihat dibagian bawah profile penulis.

0 komentar:

Posting Komentar